Mengenal 8 Jenis Risiko Perbankan Part 9 – Risiko Strategis dan Bagaimana Mengelolanya



Strategy

Risiko stratejik merupakan risiko yang disebabkan oleh adanya pengambilan keputusan dan/atau penerapan strategi bank yang tidak tepat atau kegagalan bank dalam merespon perubahan-perubahan kondisi eksternal.  Risiko stratejik juga merupakan risiko yang antara lain disebabkan adanya penetapan dan pelaksanaan strategi bank yang tidak tepat, pengambilan keputusan bisnis yang tidak tepat atau bank tidak mematuhi / tidak melaksanakan perubahan perundang-undangan dan ketentuan lain yang berlaku.

Apa Saja Contohnya?
Contoh dari risiko stratejik adalah sebuah bank mengikuti arus mengembangkan mikro, padahal bank tersebut tidak memiliki pengalaman dan kompetensi pada sektor tersebut sehingga bank tersebut memiliki banyak masalah dikemudian hari. Contoh lainnya adalah bank memutuskan bersaing dengan bank asing dengan meluncurkan produk terstruktur yang kompleks, padahal bank tersebut belum memiliki infrastruktur yang memadai sehingga produk tersebut gagal dan akhirnya bank tersebut mengalami kerugian.

Bagaimana Menilainya?
Pengukuran terhadap risiko strategis dilaksanakan dengan menggunakan beberapa parameter diantaranya parameter strategi berisiko rendah dan strategi berisiko tinggi, parameter posisi pangsa pasar bank di industri perbankan dan parameter realisasi rencana bisnis bank dibandingkan dengan rencana bisnis yang ditetapkan.

Bagaimana Mengendalikannya?
Pemantauan risiko strategis dilakukan secara berkala dengan mengidentifikasi strategi-strategi fungsional yang sedang dijalankan beserta target sasarannya. Mengelola risiko strategis antara lain melalui pengumpulan informasi strategis, pemantauan pasar serta melalui proses-proses pertimbangan dan pengambilan keputusan secara kolektif dan menyeluruh di lingkungan Komite-Komite pengawasan termasuk Komite-Komite dibawah Dewan Komisaris dan Komite Eksekutif, yang turut mempengaruhi langkah-langkah yang diambil setiap harinya dalam kerangka kebijakan dan arah yang telah ditetapkan




source : https://fakhrurrojihasan.wordpress.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

DAFTAR KODE RTGS/KLIRING BANK DI INDONESIA

Angka Korea (Sino Korea & Korea Asli)

ISTILAH PERBANKAN YG JARANG DIKETAHUI PUBLIK …